Program Studi Proteksi Tanaman Unsyiah

Alamat: Gedung Fakultas Pertanian Lama, Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee, Darussalam, Banda Aceh, 23111

Visi, Misi & Tujuan

Program Studi Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala memiliki Visi, Misi dan Tujuan sebagai berikut:

A.  Visi

Menjadi pusat pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif, mandiri dan unggul dengan kompetensi Proteksi Tanaman yang berkearifan lokal dan berorientasi global pada tahun 2026

B. Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan berbasis kompetensi proteksi tanaman secara terpadu yang relevan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia dan global.
  2. Mengembangkan riset di bidang Proteksi Tanaman melalui pemanfaatan sumber daya hayati sehingga mampu menjawab tantangan terhadap serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) dalam upaya peningkatan produksi pertanian.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian bidang proteksi tanaman untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menghasilkan lulusan sarjana yang berkualitas, mampu bersaing secara global dan memiliki ketrampilan di Bidang Proteksi Tanaman serta berdedikasi tinggi dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa

C.  Tujuan
Berdasarkan Misi dari Program Studi Proteksi Tanaman, maka tujuan Program Studi Proteksi Tanaman dalam  meningkatkan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi sebagai berikut:
    1. Menghasilkan sarjana yang kompeten dalam bidang Pengendalian Hama dan Penyakit                tanaman yang berdaya saing global
    2. Meningkatkan jumlah penelitian untuk menghasilkan karya akademik dosen yang                         dipublikasikan di tingkat nasional dan internasional
    3. Meningkatkan pemanfaatan hasil penelitian di bidang Perlindungan Tanaman untuk                       diterapkan kepada masyarakat secara berkelanjutan, baik di tingkat regional, nasional,                 dan internasional.