Program Studi Proteksi Tanaman Unsyiah

Alamat: Gedung Fakultas Pertanian Lama, Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee, Darussalam, Banda Aceh, 23111

HIMAPTA

SEJARAH HIMAPTA (HIMPUNAN MAHASISWA PROTEKSI TANAMAN)

Himpunan mahasiswa Proteksi Tanaman telah terbentuk sejak awal mula berdirinya Program Studi Proteksi Tanaman (Tahun 1992). Namun pada tahun 2008, Program Studi Proteksi Tanaman bersama dengan Program Studi Ilmu Tanah dan Program Studi Agronomi atas instruksi DIKTI di gabung menjadi Program Studi Agroteknologi. Dengan bergabungnya Program Studi tersebut, maka himpunan mahasiswa Proteksi Tanaman bersama kedua himpunan lainnya bergabung sehingga terbentuk himpunan baru yang berdiri di bawah Program Studi Agroteknologi. Pada Tahun 2016, DIKTI kembali membuka Nomeklatum untuk Program Studi Proteksi Tanaman untuk berdiri sendiri di bawah naungan Fakultas Pertanian, UNSYIAH. Dengan dibuka kembali Program Studi Proteksi Tanaman, maka perlu adanya wadah yang dapat menampung aspirasi Mahasiswa Proteksi Tanaman sehingga terbentuklah kembali Himpunan Mahasiswa Proteksi Tanaman (HIMAPTA).

            Himpunan Mahasiswa Proteksi Tanaman (HIMAPTA) adalah sebuah organisasi mahasiswa yang terbentuk pada tanggal 25 Desember 2016. Pembentukan organisasi ini melewati jalur perjuangan yang cukup panjang, para mahasiswa Proteksi Tanaman saat itu tidak terlalu mengerti bagaimana mekanisme pembentukan organisasi, saat itu Mohammad Ikhsan, salah satu Mahasiswa Proteksi Tanaman berinisiatif untuk melakukan koordinasi kepada sejumlah pejabat Mahasiswa Pertanian. Setelah melakukan koordinasi yang cukup lama, terbentuklah susunan kepanitiaan MUBES Proteksi Tanaman pertama yang saat itu di ketuai oleh Ramadani Syapitra dan beranggotakan seluruh mahasiswa proteksi tanaman angkatan pertama, yaitu 29 orang. Para panitia ini dibagi tugas yang berbeda, ada yang bertugas membuat rancangan AD/ART, mencari dana, dan merancang logo Himpunan. Setelah semua persiapan dianggap cukup, barulah pada tanggal 25 Desember 2016 Mahasiswa Proteksi Tanaman melaksanakan MUBES pertama di gedung MPR Fakultas Pertanian UNSYIAH. Hasil keputusan mubes menetapkan Mohammad Ikhsan sebagai ketua umum HIMAPTA. 

LOGO HIMAPTA

Arti Lambang:

 

  • Lambang HIMAPTA berbentuk lingkaran yang artinya HIMAPTA memiliki ketangkasan dalam berbagai hal, mempunyai ide dan inovasi yang tidak terputus dan tidak pernah berakhir.
  • Di dalam lingkaran terdapat tameng dan di dalam tameng terdapat padi yang artinya melindungi tanaman seusai dengan nama program studi yaitu “Proteksi Tanaman” yang berarti melindungi tanaman.
  • Di dalam tameng terdapat tugu yang artinya HIMAPTA adalah Proteksi Tanaman yang berasal dari UNSYIAH.
  • Warna hijau di dalam tameng melambangkan HIMAPTA berasal dari Fakultas Pertanian.
  • Warna luar tameng berwarna kuning gelap seperti warna padi matang yang artinya Tameng Proteksi Tanaman ini sudah siap untuk mengemban tugas Tri Darma Perguruan Tinggi.
  • Jika di hitung biji padi pada tangkai padi di dalam tameng berjumlah 16 yang artinya HIMAPTA berdiri pada tahun 2016.
  • Warna putih di luar tameng melambangkan kesucian dan kebersihan.
  • Dua titik pada bagian atas lingkaran artinya Himpunan Mahasiswa Proteksi Tanaman sudah terbentuk kembali.